Senin, 17 Maret 2008

perkembangan remaja

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Pada masa ini seorang anak akan mengalami berbagai macam perubahan, biasanya ditandai dengan perubahan fisik yang mencolok, perubahan bentuk tubuh , suara , kerja hormon ,serta emosi yang tidak terkontrol dan sangat mudah sekali terpancing . Pada masa ini seorang anak mengalami masa pubertas dimana dia memiliki rasa ketertarikan pada lawan jenis yang biasanya akan merasa malu yang berlebihan jika bertemu, kadang meraka juga mencari cara untuk menarik perhatian dari lawan jenis. Rasa keingintahuan yang sangat tinggi juga terjadi ,segala sesuatu yang baru selalu ingin dicoba. Saya berasal dari keluarga yang sederhana dengan pendidikan orangtua yang keras , sehingga saya takut untuk berbuat yang macam-macam. saya tumbuh menjadi seorang gadis remaja yang sedikit pemalu dan sulit bergaul, Saya mengalami krisis percaya diri dan sukar bersosialisasi . Namun sifat saya sangat manja dan egois jika berada dalam lingkungan keluarga, Jika saya mempunyai keinginan dan tidak dituruti maka saya akan marah dengan cara mengunci diri didalam kamar dan mogok berbicara. Saya juga bersyukur saya dididik dengan ilmu agama yang lumayan sehingga sayapun membatasi diri bergaul dengan lawan jenis tapi dengan pendidikan yang diterapkan oleh orangtua saya terutama Ayah saya, saya memiliki sifat yang cenderung berlebih dalam membatasi diri saya dalam bergaul, Satu sisi saya takut juga pada orangtua. Namun seiring berjalannya waktu dan usia saya yang bertambah saya mulai mengerti bahwa orangtua saya tidak mengiginkan saya terjerumus pada pergaulan yang tidak baik. Kini setelah saya beranjak dewasa orangtua sayapun lebih bersifat demokratis karena saya dianngap sudah cukup mampu untuk memilah dan memilih mana yang baik dan tidak, pola pikir saya dalam memandang pergaulan antara lawan jenispun berubah, memang dibolehka tapi dengan syarat tidak melanggar norma agama dan berada pada batas kewajaran.

Tidak ada komentar: